Ranai. Rabu Tanggal 29 Juli 2020 Di Hotel Gren Sentral Jalan Pramuka Ranai Kabupaten Natuna Telah Dilaksanakannya Acara Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Penyusunan RDTR Kawasan Perbatasan Negara Diujung Utara NKRI Yaitu Pulau Serasan Yang Secara Administrasi Terdiri Dari Dua Kecamatan Yaitu Kecamatan Serasan Dan Kecamatan Serasan Timur.

Kecamatan Serasan Dengan Jumlah Penduduk Ditahun 2019 Berjumlah 5.372 Jiwa Tersebar Dikelurahan Serasan, Desa Batu Berian, Desa Tanjung Setelung, Desa Pangkalan, Desa Kampung Hilir, Desa Tanjung Balau Dan Desa Jermalik  Sedangkan Dikecamatan Serasan Timur Dengan Jumlah Penduduk 3.297jiwa Tersebar  Di Desa Arung Ayam, Desa Air Nusa, Desa Air Ringau Dan Desa Payak.

Khususnya Kecamatan Serasan Yang Saat Ini Dilakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Kawasan Perbatasan Negara Untuk Pembangunan Pos Lintas Batas Negara / PLBN. Tujuan Dari Kegiatan Penyusunan KLHS Adalah Untuk Memastikan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan Telah Menjadi Dasar Dan Terintegrasi Dalam Kebijakan, Rencana dan/atau Program Perencanaan Tata Ruang Yang Dituangkan Dalam Kerangka Penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara Dikecamatan Serasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau Serta Dengan Melakukan Konsultasi Publik Bertujuan Untuk Berdiskusi Dan Mendengar Masukan, Saran Atau Aspirasi Warga dan/Atau Tokoh Masyarakat Sekitar, Menjaring Isu – Isu Strategis Dan Prioritas Terkait Kegiatan Yang Akan Dilakukan.

Kegiatan Konsultasi Publik Ini Dilaksanakan oleh Tim Konsultan KLHS Penyusunan RDTR Kawasan Perbatasan Negara Kecamatan Serasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau Yaitu PT. Enggal Karja Oetama Dibawah Naungan Dan Koordinasi Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang Dan Direktorat Perencanaan Tata Ruang.

Acara Konsultasi Publik Ini Dibuka Oleh Direktur Direktorat Perencanaan Tata Ruang Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria  Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Melalui Zoom Metting yang Dihadiri Beberapa Organisasi Perangkat Daerah Terkait Antara Lain Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup, BP3D, Dinas Pariwisata  Dan Kebudayaan, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pengelola Perbatasan, Tokoh – Tokoh Kecamatan Serasan Dan Kecamatan Serasan Timur Dibawah Naungan Himpunan Keluarga Serasan/HKS Yang Ada Di Ranai Kabupaten Natuna.